ung-c-1
Sumberdaya manusia Pusat Kajian Ekologi Pesisir berbasis Kearifan Lokal (PKEPKL) jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo saat ini terdiri atas 12 orang tenaga inti yang bersifat tetap.Tenaga peneliti dan pengembang program kawasan pesisir ini memiliki kualifikasi guru besar, doktor/PhD, magister, dan sarjana. Tenaga inti PKEPKL berlatar belakang pendidikan dan kepakaran di bidang; ekologi, konservasi sumberdaya alam, lingkungan hidup, botany dan etnobotany, mikrobiologi lingkungan, zoologi, entomologi, kesehatan masyarakat, dan teknologi informasi. Sebagian besar tenaga inti PKEPKL adalah staf pengajar tetap UNG. Dalam kegiatan pengembangan kawasan pesisir yang membutuhkan kajian ahli lintas ilmu, PKEPKL didukung oleh tenaga peneliti dan pendamping dari berbagai latar belakang keahlian yang sifatnya tidak tetap dan paruh waktu.

Kualifikasi tenaga peneliti dan pengembang program disamping memiliki pengalaman penelitian yang produktif, ditunjang pula dengan pengalaman dalam jabatan strategis di universitas, pengalaman profesional sebagai konsultan serta aktif mengikuti acara seminar, pelatihan dan konferensi bertaraf nasional dan internasional, baik sebagai pembicara maupun peserta. Dengan kualifikasi tenaga peneliti dan pengembang program yang demikian, PKEPKL UNG dapat melaksanakan program-program pengkajian dan pengembangan sesuai dengan visi, misi dan tujuan PKEPKL.

Sarana penelitian dan pendidikan yang saat ini dimiliki adalah Laboratorium Alam Ekologi Pesisir jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo, terletak di kawasan pesisir Desa Torosiaje Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato, dibangun sejak September 2013. Lokasi laboratorium ini dapat ditempuh lebih kurang 5 – 6 jam dengan kendaraan darat, jarak dari Kota Gorontalo 253 km ke arah barat. Selain menjadi sarana penelitian dan pendidikan, laboratorium alam ini menjadi kawasan ekowisata bagi pengunjung yang senang menjelajah alam hutan mangrove. Tersedia bangunan pendopo ukuran 10m x 5m untuk tempat diskusi atau instirahat bagi pengguna laboratorium alam.