TUJUAN
  1. Terwujudnya peran PKEPKL dalam pengkajian kebijakan, strategi, dan pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan yang optimal bagi pengembangan kelembagaan dan masyarakat pesisir yang sejahtera berkelanjutan.
  2. Tercapainya hasil kajian dan implementasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan ekosistem dan sumberdaya pesisir dan lautan.
  3. Terwujudnya program terpadu pengelolaan ekosistem dan sumberdaya pesisir yang mendukung kesejahteraan masyarakat.
SASARAN
  1. Kapasitas sumberdaya intelektual pusat kajian untuk menunjang profesionalisme kegiatan pengkajian dan pemberdayaan masyarakat.
  2. Pengembangan dan pemberdayaan sumberdaya intelektual melalui penguatan organisasi, kegiatan pengkajian dan pengembangan serta pemberdayaan masyarakat.
  3. Pengelolaan sumberdaya finansial melalui pelaksanaan manajemen keuangan, fasilitas, dan infrastruktur secara profesional dan akuntabel yang mendukung kegiatan pengkajian dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan pengkajian dan pemberdayaan masyarakat yang efisien dan efektif.
STRATEGI
  1. Mengembangkan kegiatan pendidikan dan pengajaran, pelatihan dan disseminasi hasil kajian yang mendukung peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumberdaya manusia.
  2. Mengembangkan paket teknologi dan model pengelolaan sumberdaya wilayah pesisir dan lautan sebagai salah satu kontribusi pusat kajian bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menghasilkan kajian yang dapat menjadi pedoman implementasi bagi para perencana dan pengambil keputusan, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat.
  4. Membangun jaringan kerjasama dengan pihak lain dalam mengembangkan dan mengelola kawasan pesisir.
  5. Melaksanakan kegiatan secara profesional dan akuntabel agar mampu menghasilkan income generating untuk mencapai kemandirian pengelolaan pusat kajian.